Kebutuhan Manusia
terhadap Dakwah
Manusia dalam Islam
•
لقد
خلقنا الإنسان في أحسن تقويم At Tin: 4
•
sesungguhnya
Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.
•
ولقد
كرمنا بني آدم وحملناهم في البر والبحر ورزقناهم من الطيبات وفضلناهم على كثير ممن
خلقنا تفضيلا Al Isra’: 70
•
Dan
sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan
dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan
mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami
ciptakan.
1.Manusia: Khalifah
•
وإذ قال
ربك للملائكة إني جاعل في الأرض خليفة قالوا أتجعل فيها من يفسد فيها ويسفك الدماء
ونحن نسبح بحمدك ونقدس لك قال إني أعلم ما لا تعلمون
(Al-Baqarah: 30)
•
Memberdayakan
alam semesta
•
Makhluk
fisik-biologis
•
Bersumber
rasionalitas akal fikiran
•
Obyektif
•
وهو الذي
جعلكم خلائف الأرض ورفع بعضكم فوق بعض درجات ليبلوكم في ما آتاكم إن ربك سريع
العقاب وإنه لغفور رحيم (Al An’am : 165)
•
Dan
Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan
sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu
tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat
siksaan-Nya, dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
•
وإلى
ثمود أخاهم صالحا قال يا قوم اعبدوا الله ما لكم من إله غيره هو أنشأكم من الأرض
واستعمركم فيها فاستغفروه ثم توبوا إليه إن ربي قريب مجيب Hud: 61
•
Dan
kepada Tsamud (Kami utus) saudara mereka shaleh. shaleh berkata: "Hai
kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia
telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya,
karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya. Sesungguhnya
Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya)."
2.Manusia: Abdi/Hamba
•
وما خلقت
الجن والإنس إلا ليعبدون (Adz-Dzariyat: 56)
•
Taat
pada Tuhan melalui beribadah
•
Makhluk
Rohaniah
•
Berpangkal
pada perasaan Hati
•
Subyektif
•
Selalu
tergantung pada Tuhan
•
Fitrah
Manusia ber-Tuhan
•
Setiap
manusia lahir ke dunia dalam keadaan fitrah. Maka ayahnya (lingkungan) lah yang
menjadikannya Yahudi, nasrani, atau majusi.
•
وإذ أخذ
ربك من بني آدم من ظهورهم ذريتهم وأشهدهم على أنفسهم ألست بربكم قالوا بلى شهدنا
أن تقولوا يوم القيامة إنا كنا عن هذا غافلين (Al-A’raf:
172)
•
Dan
(ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi
mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman):
"Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau
Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di
hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah
orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",
•
•
Untuk
mengetahui Tuhan dan kewajiban manusia sebagai hamba manusia membutuhkan wahyu
(ajaran Islam-alQur’an)
•
Kemudian
pengetahuan dari wahyu itu dikuatkan oleh daya akal manusia.
•
Dalam
Al-Qur’an ada porsi yang seimbang antara akal dan wahyu.
•
Berkaitan
dengan fungsi akal dan wahyu ada perbedaan antara golongan yang satu dengan
golongan yang lain dalam Islam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar